Iphone 12 rilis dengan 5G mmWave

Halo Sobat Seputar Teknologi. Tidak terasa sebentar lagi Apple akan merilis Iphone 12, handphone ini akan dilengkapi dengan fitur 5G mmWave, namun seri tertentu yang akan ada fitur 5g mmWave. Kira - kira Iphone 12 seri manakah yang akan mendapatkan fitur 5G mmWave? 


Yuk mari simak penjelasan dibawah ini.


4 seri iPhone 12 yang informasinya akan dirilis oleh Apple adalah iPhone 12 dengan spesifikasi layar 5,4 inch, 12 Max dengan layar 6,1 inch, 12 Pro dengan layar 6,1 Max, dan spesifikasi yang paling besar adalah 12 Pro Max dengan layar 6,7 inch.


Akan tetapi menurut sumber yang dikutip oleh 9to5Mac menyebut hanya iPhone 12 Pro Max yang akan memiliki fitur koneksi 5G mmWave. Sementara yang lainnya hanya memiliki koneksi 5G sub-6GHz. Hal ini karena hanya iPhone 12 Pro Max yang punya bodi atau badan yang cukup bongsor untuk menyimpan antena 5G mmWave serta juga dengan kapasitas baterai yang mencukupi untuk sebuah koneksi haus daya tersebut.

Selain itu, iPhone 12 Pro Max dengan 5G mmWave ini pun hanya akan tersedia di 3 negara, yakni Jepang, Amerika Serikat, dan Jepang. Sebagai informasi, saat ini jaringan 5G yang sudah mulai digelar di banyak negara terbagi 2, yakni sub-6GHz dan mmWave. Perbedaan utama antara keduanya adalah selain dari jenis frekuensi yang dipakai adalah kecepatannya yang terpaut jauh.

Sebagai perbandingan, di Amerika Serikat, 5G sub-6GHz hanya dapat mencapai kecepatan 100 Mbps sampai dengan 150 Mbps. Sedikit lebih cepat dibanding dengan 4G LTE, namun pembangunan infrastrukturnya lebih mudah dibandingkan mmWave.

Sementara mmWave dapat disebut adalah 5G yang sebenarnya, karena secara teoritis dapat mencapai kecepatan gigabit, alias 1Gbps. Akan tetapi, jenis 5G ini punya banyak aspek yang menyulitkan untuk digunakan sehari-hari. Dari mulai jangkauan sinyal yang sangat kecil atau sempit karena frekuensi yang digunakan sangatlah tinggi (sampai puluhan ribu MHz). Jadi operator atau provider membutuhkan lebih banyak BTS untuk memperluas cakupannya.

Sementara dari segi perangkat pengguna, antena mmWave ini sangat sensitif sekali dan membutuhkan tempat yang lebih besar. Begitu juga dengan kapasitas baterainya, karena konsumsi daya 5G jenis ini sangatlah besar. Karena semua hal tersebut, tampaknya, mmWave hanya tersedia di iPhone 12 Pro Max.



Post a Comment

Previous Post Next Post